Sistem Informasi Pesantren Terpadu Ultimate

Sistem informasi pesantren terpadu kami sebut dengan nama I-Ponpes ultimate selanjutnya kami sebut Iponpes ultimate adalah sistem informasi yang wajib dan seharusnya dimiliki oleh pesantren ukuran menengah hingga elite, terutama pondok pesantren yang bernuansa modern karena bisa dikatakan modem jika memiliki sistem yang bagus salah satunya adalah sistem informasi pesantren. Mengapa wajib? karena Iponpes Ultimate ini memuat berbagai informasi dasar yang dibutuhkan pesantren untuk keperluan administrasi harian maupun tahunan. Informasi yang sangat dibutuhkan baik secara internal maupun eksternal.

Informasi internal maksudnya informasi tentang santri serta administrasinya untuk keperluan pesantren sendiri, sedangkan informasi ekternal maksudnya informasi yang akan diberikan kepada pihak-pihak terkait salah satunya adalah para orang tua dari santri atau santri yang ada disekolah. Selain sebagai sumber informasi pada software pesantren Iponpes Ultimate ini disertai juga aplikasi yang berkaitan dengan pengolahan data tersebut serta menunjang kinerja pesantren baik kedisiplinan santri maupun pemicu keaktifan santri misal dalam kunjungan ke perpustakaan.

Apa saja yang ada dalam software pesantren sistem informasi pesantren Iponpes Ultimate? Informasi pesantren yang dikelola oleh iponpes ultimate ini meliputi berbagai hal diantaranya adalah:

  1. Data santri : Hampir sama dengan buku induk yang memuat data pokok santri mulai nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, serta data lainnya yang berkaitan dengan wali santri. ==> modul ini sangat berguna untuk pesantren dalam pembuata arsip data siswa hingga alumni karena kelemahan pesantren kadangkala merasa kesulitan untuk menghubungi atau mengumpulkan alumninya hal ini disebabkan kurang rapi dan sarana pencatatan data santri, padahal data santri adalah sumber daya pesantren terutama alumninya.
  2. Data guru / ustadz : daftar guru yang membimbing dalam pesantren ini untuk memudahkan dalam hal pengarsipan guru siapa saja yang pernah mengajar di pesantren ini.
  3. Modul Aplikasi keuangan
    • menerima pembayaran bulanan seperti syahriyah atau SPP dan juga tagihan rutin lainnya contoh uang makan, uang ekstrakurikuler, uang jaringan internet dan lain sebagainya. Pada menu penerimaan pembayaran ini juga support jika ada pembayaran santri yang beda-beda dikarenakan kondisi tertentu misal beasiswa atau bisa juga santri kurang mampu dengan begitu kita bisa menyesuaikan setting persantri berdasarkan kebutuhan khusus.
    • menerima dan mencatat pembayaran administrasi lainnya misal saja uang angsuran sumbangan dan juga sumbangan sukarela. Sama dengan traksaksi bulanan pada transaksi ini juga support perbedaan besar tagihan antar santri dalam satu jenjang.
    • Laporan harian memberikan laporan secara live kapada pihak terkait setiap saat, memudahkan petugas untuk memeriksa keuangan setiap saat.
    • laporan bulanan dari berbagai transaksi setiap bulannya per kelas bisa langsung dicetak tanpa susah payah membuat rekapan
    • laporan tahunan dalam satu tahun pelajaran
    • rekapitulasi pembayaran, memudahkan petugas untuk melihat apa yang sudah dibayar dan apa yang belum dalam satu laporan tertentu, misal bulanan akan menampilkan bulan yang sudah dibayar dan bulan yang belum dibayar dalam satu lembar saja.
    • tagihan dan tunggakan persiswa hingga pencetakaan surat tagihan untuk wali santri (jika diperlukan)
    • menu khusus bendahara untuk mengatur pemasukan dan pengeluarannya. Dengan menu bendahara ini pengelolaan keuangan pesantren akan lebih bagus dan rapi karena bendahara bisa melakukan kontrol terhadap besarnya pengeluaran sesuai dengan jenis pengeluaran.
  4. Modul Aplikasi bimbingan konseling
    • menerima dan mencatat konseling siswa baik yang sangat berprestasi maupun yang kurang berprestasi
    • pelanggaran pribadi
    • pelanggaran kelompok
    • tindak lanjut konseling
    • tindak lanjut pelanggaran
    • laporan konseling dan laporan pelanggaran
  5. Perijinan santri : menu ini meliputi perijinan keluar kompleks pesantren sementara atau hanya keluar untuk membeli sesuatu yang tidak ada dipesantren yang waktu atau durasi lamanya keluar hanya beberapa jam, selain itu juga mencakup izin keluar pondok untuk pulang. Pada perijinan ini akan diketahui seberapa sering santri keluar pesantren baik untuk kepentingan sesaat atau pulang ke rumah orang tuanya, jadi bisa dianalisa prilaku serta mencari solusi terbaik santri demi tercapainya tujuan pesantren.
    Sistem perijinan ini berjenjang mulai dari pengurus –> ustadz hingga pemangku pesantren –> eksekusi ijin oleh pihak keamanan pesantren.
  6. Aplikasi tabungan, modul ini sangat membantu santri untuk mengatur keuangannya dengan bantuan pesantren. Dengan modul ini juga dimungkinkan peraturan tanpa pegang uang artinya santri tidak menerima uang tapi langsung dari orangtua transfer ke tabungan dan santri bisa langsung membelanjakannya sesuai kebutuhan, hal ini mungkin dilakukan jika ada hubungan antara kantin atau koperasi dengan pesantren. Pada modul standar menu ini tidak ada tetapi pada pengembangan bisa dilakukan intregasi antar unit ini bahkan dengan cara canggih semacam sidik jari contoh sntri belanja atau mengambil uang hanya bisa dilakukan dengan menempelkan sidik jarinya saja jadi keamanan lebih terjamin. Fungsi modul ini pada dasarnya adalah:
    • menerima dan mengelolah tabungan
    • membuat laporan tabungan
    • membuat rekapitulasi tabungan persiswa
  7. Aplikasi administasi perpustakaan, modul perpustakaan merupakan penunjang penting untuk pesantren karena perpustakaan merupakan salah satu tolok ukur dari kepedulian pesantren terhadap perkembangan minat baca santri. Fungsi dasar dari modul ini adalah:
    • menerima dan mencatat buku pinjam keluar masuk
    • membuat peringkat siswa yang paling sering pinjam dan juga buku yang paling dimintai oleh siswa
  8. Aplikasi absensi
    • membuat laporan harian siswa maupun guru
    • membuat rekapan bulanan
    • membuat rekapan semester

Sistem Informasi Pesantren Modern

Untuk lebih detailnya silahkan download demo software ini (demo ini dibuat beberapa tahun lalu sehingga jadi sudah banyak perkembangan yang tidak ditampilkan di demo). Jangan lupa silahkan request database setelah download demo Iponpes Ultimate ini ==> KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD

Berikut cara instalasi software iponpes ultimate demo

  1. download sesuai link diatas
  2. ekstrak hasil download
  3. instalasi software –> klik aplikasinya kemudian lanjutkan sesuai dengan step atau tahapan instalasi yang ditampilkan oleh software
  4. request database ke kami –> cara request ada dalam file text yang kami sertakan dalam download software iponpes ultimate dan akan terlihat setelah diekstrak (langkah nomor 2)
  5. database akan kami kirim beserta petunjuk pengisian software agar bisa dijalankan

Untuk pembelian dan keterangan lebih lanjut silahkan kontak kami:

Fauzi HP dan WA : 081331120479

Tanya Admin

About fauziwong

Check Also

aplikasi bimbingan konseling ultimate wme

Aplikasi Bimbingan Konseling

Aplikasi bimbingan konseling atau sering disingkat dengan sebutan BK merupakan aplikasi untuk pencatatan administrasi bimbingan …